(40) MANDI-MANDI SUNNAH

๐ŸŽฌ Halaqoh 40
๐Ÿ“œ Mandi-mandi Sunnah (bagian 1)
๐Ÿ”Š Oleh Ust. Abu Ziyad Eko Haryanto, MA
———————————

ุจุณู… ุงู„ู„ู‘ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…
ุงู„ุญู…ุฏ ู„ู„ู‡ ูˆ ูƒูู‰ ูˆุงู„ุตู„ุงุฉ ูˆุงู„ุณู„ุงู… ุนู„ู‰ ุงู„ู†ุจูŠ ุงู„ู…ุตุทูู‰ุŒ ู†ุจูŠู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆ ุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ูˆ ุตุญุจู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู†

ุงูŽู„ู„ู‘ูŽู‡ูู…ู‘ูŽ ู„ุงูŽ ุนูู„ู’ู…ูŽ ู„ูŽู†ูŽุง ุฅูู„ุงู‘ูŽ ู…ูŽุง ุนูŽู„ู‘ูŽู…ู’ุชูŽู†ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ู’ุนูŽู„ููŠู’ู…ู ุงู„ู’ุญูŽูƒููŠู’ู…ู ูˆูŽ ุชูุจู’ ุนูŽู„ูŽูŠู’ู†ูŽุง ุฅูู†ู‘ูŽูƒูŽ ุฃูŽู†ู’ุชูŽ ุงู„ุชู‘ูŽูˆู‘ูŽุงุจู ุงู„ุฑู‘ูŽุญููŠู’ู…ู.

ุฑูŽุจูู‘ ุงุดู’ุฑูŽุญู’ ู„ููŠ ุตูŽุฏู’ุฑููŠ ูˆูŽูŠูŽุณูู‘ุฑู’ ู„ููŠ ุฃูŽู…ู’ุฑููŠ ูˆูŽุงุญู’ู„ูู„ู’ ุนูู‚ู’ุฏูŽุฉู‹ ู…ูู‘ู† ู„ูู‘ุณูŽุงู†ููŠ ูŠูŽูู’ู‚ูŽู‡ููˆุง ู‚ูŽูˆู’ู„ููŠ.

Ikhwan dan akhwat para peserta kajian. fiqh Syฤfi’i yang dimuliakan Allฤh, pada kesempatan kali ini memasuki halaqoh yang ke-40 dan pada halaqoh ini kita melanjutkan pembahasan “Mandi-mandi yang disunnahkan”.

Berkata Muallif rahimahullฤh:
Mandi-mandi yang disunnahkan ada 17 macam;

1. MANDI JUM’AT
Mandi untuk menunaikan shalat Jum’at yaitu mereka yang akan mendatanginya, terutama bagi kaum pria, dewasa, muqim, sehat.

Karena bagi musafir tidak wajib shalat Jum’at.
Karena yang sakit, wanita dan anak-anak mendapat udzur untuk boleh tidak shalat Jum’at.

Waktu mandi Jum’at adalah mulai dari terbit fajar shฤdiq. Seseorang yang melakukan mandi Jum’at di pagi hari sebelum shubuh tidak mengapa asalkan sudah adzan Shubuh.

Atau orang yang terkena jinฤbat, kemudian dia mandi jinabat sekalian mandi Jum’at maka tidak mengapa dengan menggabungkan 2 niat (menurut sebagian ulama). Tapi yang lebih afdhal adalah memisahkan, misal mandi pertama niat mandi junub dan yang kedua niat mandi Jum’at.

Tetapi ada yang berpendapat mandi Jum’at adalah wajib, tetapi disana ada hadits-hadits yang mengalihkan wajib menjadi sunnah.

Dalil:

ุนูŽู†ู ุงุจู’ู†ู ุนูู…ูŽุฑูŽ ุŒ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู : ” ุฅูุฐูŽุง ุฌูŽุงุกูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ููŽู„ู’ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู’ .

ูˆ ู„ู…ุณู„ู…: ุฅูุฐูŽุง ุฃูŽุฑูŽุงุฏูŽ ุฃูŽุญูŽุฏููƒูู…ู’ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฃู’ุชููŠูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉูŽ ููŽู„ู’ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู’ ” .

Dari ‘Abdullฤh Ibnu ‘Umar radhiyallฤhu ‘anhumฤ berkata: Rasลซlullฤh shallallฤhu ‘alayhi wa sallam bersabda: “Barangsiapa diantara kalian yang ingin mendatangi shalat Jum’at maka hendaklah dia mandi.” (HR. Bukhari Muslim dan yang lainnya)

Dalam riwayat Muslim: “Barangsiapa diantara kalian hendak mendatangi shalat Jum’at maka hendaklah dia mandi.”

Zhahir hadits ini adalah perintah dan perintah pada dasarnya adalah wajib.

Namun disana ada hadits lain yang memalingkan hukum wajib ini menjadi sunnah.

ุนูŽู†ู’ ุณูŽู…ูุฑูŽุฉูŽ ุŒ ุฃูŽู†ู‘ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ู‚ูŽุงู„ูŽ : ” ู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽุถู‘ูŽุฃูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฌูู…ูุนูŽุฉู ููŽุจูู‡ูŽุง ูˆูŽู†ูุนู’ู…ูŽุชู’ , ูˆูŽู…ูŽู†ู ุงุบู’ุชูŽุณูŽู„ูŽ ููŽุงู„ู’ุบูุณู’ู„ู ุฃูŽูู’ุถูŽู„ู ” .

Dari Samurah, bahwasanya Rasลซlullฤh shallallฤhu ‘alayhi wa sallam bersabda: “Barangsiapa yang berwudhลซ’ (untuk shalat Jum’at) pada hari Jum’at maka cukuplah dengan wudhลซ’ itu telah mendapatkan sunnah (wudhลซ’) hari Jum’at. Namun barangsiapa yang bisa mandi untuk shalat Jum’at maka mandi itu lebih utama.” (HR. Imam At-Tirmidzi dalam Sunannya)

Berdasarkan hadits ini ulama mengatakan bahwasanya mandi Jum’at itu bukanlah wajib tapi sunnah.

2. MANDI UNTUK SHALAT ‘ID (‘IDUL FITHRI & ‘IDUL ADHA)

Masuknya waktu mandi tersebut adalah ketika sudah tengah malam sebelum hari ‘id (bisa berniat mandi di malam hari untuk shalat ‘id keesokan paginya).

Dalil:

ุฃูŽู†ูŽู‘ ุนูŽุจู’ุฏูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุจู’ู†ูŽ ุนูู…ูŽุฑูŽ ูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูŽุบู’ุชูŽุณูู„ู ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุบู’ุฏููˆูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูุตูŽู„ูŽู‘ู‰( ุงู„ู…ูˆุทุฃ 428)

“‘Abdullฤh Ibnu ‘Umar mandi ketika ‘idul fithri dan sebelum pergi ke mushalla.” (Imam Malik dalam Al-Muwaththa’ hal 428)

Dan Rasลซlullฤh shallallฤhu ‘alayhi wa sallam juga mandi ketika Beliau akan pergi ke mushalla untuk shalat ‘id dan memakai pakaian yang paling bagus.

Demikian, semoga bermanfaat.
——————————
๐Ÿ“ Ditulis oleh Tim Transkrip
๐Ÿ‘ค Murojaah : Ust. Abu Ziyad Eko Haryanto M.A.
๐Ÿ‘‰ Kunjungi kami di http://www.manarussabil.or.id

Leave a comment